Kesehatan

7 Manfaat Minyak Ikan untuk Anak

Selama masa pertumbuhan, anak membutuhkan banyak vitamin dan mineral. Kebutuhan akan vitamin dan mineral ini bisa didapatkan dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari seperti daging, sayur, dan buah. Akan tetapi ada juga yang hanya bisa diperoleh dari tambahan suplemen atau multivitamin. Salah satunya adalah minyak ikan.

Minyak ikan atau fish oil merupakan salah satu sumber omega-3 yang penting bagi anak. Omega-3 merupakan asam amino yang hanya bisa didapat dari makanan. Tubuh tidak dapat memproduksi sendiri asam amino ini. Sehingga konsumsi fish oil  sebagai suplemen tambahan sangat dianjurkan.

Fish oil diketahui memberikan banyak manfaat terutama bagi anak-anak. Selain dapat membantu menjaga kesehatan anak, suplemen tambahan ini juga mendukung proses tumbuh kembang anak. Ini dia beberapa manfaat fish oil.

Minyak Ikan
Minyak Ikan

1.Meningkatkan kecerdasan otak

Fish oil bermanfaat dalam meningkatkan perkembangan dan kecerdasan otak karena mengandung DHA dan omega-3. Kedua nutrisi tersebut dapat meningkatkan koordinasi tangan dan mata anak, meningkatkan skor tes intelegensi anak, serta meningkatkan fokus anak dan kemampuan sosialnya. Selain itu, juga dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran verbal, perencanaan, serta atensi pada anak.

2. Membantu pertumbuhan dan pembentukan tulang

Kandungan vitamin D pada fish oil dapat membantu proses pertumbuhan dan pembentukan tulang. Selain itu, kandungan omega-3 di dalamnya juga penting untuk menjaga kepadatan tulang anak.

3. Baik untuk kesehatan jantung

Omega-3 yang terkandung dalam fish oil sangat baik bagi tubuh karena dapat mengurangi resiko serangan jantung, jantung koroner, dan tekanan darah lebih terkontrol. 

4. Mengurangi resiko asma

Kandungan omega-3 pada fish oil bermanfaat sebagai anti peradangan yang dapat mengurangi peradangan saluran udara. Sehingga konsumsi fish oil secara rutin dapat mengurangi resiko asma pada anak. Konsumsi fish oil pada ibu hamil juga dapat mengurangi resiko alergi pada bayi.

5. Pengobatan ADHD

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) merupakan gangguan perkembangan saraf pada anak-anak. ADHD memberikan gejala anak lebih impulsif, hiperaktivitas, tidak merasa lelah, dan kesulitan untuk fokus. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya asupan omega-3. Rutin mengonsumsi fish oil dapat meredam hiperaktivitas dan membantu memperbaiki suasana hati anak. Serta dapat membantu meningkatkan fokus anak dengan gejala ADHD. Sehingga anak lebih terkontrol dan lebih mudah diajak berkomunikasi.

Bagaimana Bunda? Ternyata minyak ikan memiliki banyak manfaat untuk pertumbuhan anak ya. Jadi mulai sekarang, biasakan anak untuk rutin mengonsumsinya agar kebutuhan nutrisi anak tercukupi.

Show More

Related Articles

Check Also

Close