Kesehatan

Bagaimana Cara Memilih Susu untuk Balita

Banyak jenis sufor yang tersedia di pasaran untuk anak balita, susu berguna untuk si Kecil yang sudah melewatkan masa menyusu dari ibu. Untuk memilih susu tidaklah sulit dan juga tidak bisa dibilang mudah, karena ada banyak hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan memilih dari produk tertentu.

Berikut cara memilih susu yang tepat untuk balita.

Sufor
Sufor
  • Pilih susu sesuai dengan usia si Kecil.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam memilih susu untuk balita adalah menyesuaikan menurut usia si Kecil. Karena setiap susu kemasan mempunyai kandungan gizi dan nutrisi yang sudah diatur sesuai kebutuhan anak berdasarkan usia masing masing.

Jika si kecil berusia 3 tahun, maka Anda direkomendasikan untuk menggunakan susu yang disarankan untuk anak di usia 3 tahun, caranya sangat mudah, Anda bisa memperhatikan label pada kemasan susu kotak atau kaleng yang akan Anda pilih.

Namun untuk saat ini sepertinya tersedia susu yang direkomendasikan untuk anak usia 1 sampai 3 tahun, Anda bisa memilih susu tersebut untuk si Kecil.

  • Pilih susu dengan varian rasa yang disukai si Kecil

Memilih varian rasa susu yang disukai si Kecil merupakan hal yang sering dilewatkan oleh orangtua, tidak jarang orang tua hanya asal memilih susu tanpa memperhatikan varian rasa yang tersedia, hanya berfokus pada susu tersebut baik untuk kesehatan si Kecil saja.

Karena perlu Anda ketahui, ketika anak diberi susu dengan rasa yang tidak ia sukai, tidak jarang si Kecil akan menolak untuk meminumnya bahkan si Kecil bisa saja mogok untuk minum susu. Akibatnya, si Kecil tidak mendapatkan nutrisi yang cukup di masa tumbuh kembangnya.

Maka dari itu, sebelum Anda memutuskan membeli susu, cobalah untuk mengetahui rasa susu favorit si Kecil dalam beberapa varian yang tersedia, itu berguna agar si Kecil lebih semangat saat waktu minum susu.

  • Perhatikan kandungan nutrisi dalam susu

Harus Anda ketahui, anak di usia satu tahun sudah tidak bisa lagi dipenuhi kebutuhan asupan lemak hanya dari ASI untuk membantu tumbuh kembangnya yang optimal. Artinya, si Kecil mulai memerlukan asupan lemak tambahan dari luar, Anda bisa memberikan susu, baik susu sapi ataupun susu yang mempunyai rendah lemak.

Lemak susu mempunyai manfaat untuk meningkatkan perkembangan otak, namun yang harus diingat adalah, jika terlalu banyak mengkonsumsi lemak susu bisa mengakibatkan atau memicu obesitas pada si Kecil, jadi penggunaan susu ini harus tetap dalam pengawasan Anda sebagai orang tua.

Umumnya, anak di usia satu tahun hanya boleh mengkonsumsi maksimal 500 cc dalam setiap harinya. Pastikan juga susu yang Anda pilih mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh anak, vitamin yang dibutuhkan adalah, vitamin A, vitamin D, kalsium dan sebagainya.

Zat gizi yang disebutkan diatas sangatlah penting untuk menjaga kesehatan mata si Kecil, membentuk tulang dan gigi yang sehat dan kuat, serta bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Selain itu, sebisa mungkin Anda memilih susu untuk anak 1 hingga 3 tahun yang mengandung protein halus, guna memudahkan pencernaan dalam perut si Kecil dan tidak menimbulkan masalah pencernaan. Kandungan omega 3 dan 6 juga sangat penting untuk kecerdasan anak.

Omega 3 dan 6 merupakan jenis asam lemak yang terpenting, dimana bisa meningkatkan fungsi kognitif dan kecerdasan anak. Omega 3 dan 6 dari makanan atau minuman seperti susu akan diubah menjadi DHA dengan bantuan enzim delta 4 desaturase. Jadi semakin banyak kandungan omega 3 yang di dapat si Kecil, maka semakin banyak juga DHA yang terbentuk dalam tubuh anak.

Itukah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih sufor untuk membantu tumbuh kembang si Kecil secara optimal.

Show More

Related Articles

Check Also

Close