Bisnis

Wajib Tahu Ciri Giwang Berlian Asli dan Palsu

Giwang adalah salah satu perhiasan yang paling disukai wanita. Ada banyak jenis giwang yang biasa digunakan salah satunya adalah giwang berlian. Perpaduan logam mulia dengan berlian memang tidak pernah salah. Sebagai salah satu perhiasan dengan permintaan yang tinggi, giwang berlian memang banyak dipalsukan. Membedakan giwang berlian asli dan palsu memang sedikit tricky. Perlu beberapa trik khusus untuk membedakan antara yang asli dan palsu. 

Cara yang paling aman agar tidak tertipu giwang berlian palsu adalah dengan membeli dari toko yang terpercaya. The Palace menyediakan giwang berlian yang asli dengan berbagai desain dan harga. Berikut ini beberapa cara membedakan giwang berlian yang asli dan palsu.

Tekstur berlian keras

Berlian adalah salah satu batuan yang bersifat keras. Diantara jenis batuan untuk perhiasan, berlian termasuk yang paling keras. Bila giwang berlian yang anda beli mudah retak ataupun tergores ketika digunakan, bisa dipastikan bila berlian tersebut adalah palsu.

Giwang berlian yang asli tidak akan mudah tergores meski digosok dengan menggunakan amplas yang kasar. Goresan ataupun retak pada berlian memang tidak bisa dilihat dengan sekilas. Anda perlu menggunakan loupe atau sejenis kaca pembesar untuk melihat detail berlian. 

Tidak mudah tergores

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, perhiasan berlian terbuat dari batu alami yang sangat keras. Berlian yang asli tidak akan mudah tergores meski menggunakan benda yang kasar seperti amplas atau logam lain. Sehingga giwang berlian akan awet digunakan selama bertahun-tahun karena sifatnya yang keras dan tidak mudah tergores. 

Terdapat berbagi macam warna

Giwang berlian tidak hanya terdiri dari satu warna saja, yaitu bening. Selain warna tersebut, giwang berlian juga tersedia dalam warna lain seperti kuning, biru, pink, merah, bahkan hitam. Berlian dengan warna yang berbeda biasanya mempunyai nama yang lain. Selain itu, beberapa berlian yang berwarna sangat langka sehingga harganya juga lebih mahal dari berlian yang biasa. Berlian yang berwarna juga lebih susah dibedakan antara asli dan yang palsu karena perbedaannya tidak bisa dibedakan dengan kasat mata. 

Refleksi cermin tidak jelas

Karakteristik giwang berlian yang lain adalah berlian asli mempunyai refleksi cermin yang tidak jelas. Berlian asli mempunyai warna bening sehingga tidak mempunyai refleksi cermin yang jelas. Anda bisa mengetes refleksi berlian dengan meletakkan berlian diatas buku. Bila anda masih bisa membaca huruf yang ada di buku dengan jelas, bisa dipastikan bila berlian tersebut palsu. Berlian seperti itu biasanya terbuat dari kaca yang dibentuk menyerupai berlian asli. Seharusnya berlian yang asli tidak akan menampilkan refleksi apapun bila diletakkan di atas buku. 

Tenggelam dalam air

Cara lain untuk memastikan berlian yang asli dan palsu adalah dengan melakukan tes apung. Berlian adalah jenis batuan alam yang mempunyai masa, sehingga bila dimasukkan ke dalam air akan tenggelam. Namun bila giwang berlian mengapung ketika dimasukkan ke dalam air, bisa jadi berlian tersebut adalah palsu. 

Bila masih belum yakin dengan beberapa tes di atas, cara yang paling mudah untuk mengetahui keaslian giwang berlian adalah dengan melakukan pengecekan di laboratorium khusus berlian. Tes laboratorium ini akan dilakukan oleh orang yang ahli sehingga hasilnya akurat. Jangan tertipu dengan label harga murah karena tidak ada giwang berlian asli yang murah apalagi bila harganya jauh di bawah standar pasar berlian. 

Show More

Related Articles

Check Also

Close