Kesehatan

Ketahui Perkembangan Janin Trimester Pertama

Anak menjadi idaman banyak orang yang sudah menikah. Oleh karena itu, kehamilan menjadi saat yang ditunggu banyak wanita. Bagaimana janin berkembang pada saat Bunda baru hamil? Ini sering kali menjadi pertanyaan bagi setiap ibu. Jika Bunda ingin mengetahui informasi ini lebih dalam, bisa langsung berkonsultasi dengan Bidan Sela yang berada di Bandung atau dengan mengunjungi website yang dimilikinya.

Untuk Bunda semua, di bawah ini perkembangan janin trimester pertama. Masa paling rawan selama kehamilan.

1. Janin 1 Bulan

Pada saat sekitar 1 bulan atau 2 minggu setelah haid terakhir, biasanya Bunda baru merasakan tanda kehamilan. Tanda kehamilan, seperti mudah lelah, payudara membesar, dan berhentinya menstruasi biasanya diakibatkan peningkatan jumlah hormon HCG.

Pada masa ini, janin sudah terbentuk embrio kecil. Ukurannya baru sekitar 0,6 cm. Jika dibandingkan, mungkin lebih kecil dari butiran nasi. Akibatnya, posisi janin dalam rahim juga belum kuat.

Bunda harus ekstra hati-hati dan segera konsultasi ke dokter untuk kehamilan usia janin 1 bulan. Jika tidak, janin dapat tidak berkembang dan Bunda kehilangannya.

2. Janin 2 Bulan

Kehamilan memasuki bulan kedua, janin tumbuh sangat pesat. Dalam rahim janin melengkung seperti huruf C. Ukuran rahim juga mulai membesar dua kali lipat untuk menyesuaikan diri. 

Bunda sudah dapat melihat struktur jaringan tubuh seperti struktur dasar otak, mulut, mata, dan hidung. Bahkan kaki dan tangan mulai berbentuk.

Masa ini Bunda harus sudah mulai meningkatkan asupan gizi. Pertumbuhan dan perkembangan janin harus dijaga agar optimal sampai dilahirkan.

Dalam kondisi tertentu, janin masih mungkin tidak berkembang dan Bunda dapat kehilangannya.

3. Janin 3 Bulan

Usia janin 3 bulan artinya memasuki masa akhir trimester pertama. Janin sudah mulai lebih kuat. Perkembangan organ dan struktur tubuh sudah melewati masa kritis. Panjang janin dapat mencapai 3 cm. 

Saat akhir trimester pertama, di usia 12 minggu janin dapat mencapai panjang 8 cm. Alat kelamin mulai terbentuk dan ginjal bayi mulai mengeluarkan urine. 

Setelah masa ini, berarti janin siap tumbuh dan berkembang lebih pesat lagi. Bunda memerlukan tambahan suplemen seperti asam folat dan penambah darah untuk itu.

Sudah bernyawakah bayi di usia trimester pertama? Bila melihat perkembangannya, tentu saja sudah. Hanya saja semua fungsi tubuh belum berjalan sempurna. 

Meski trimester pertama sudah lewat, Bunda tetap harus terus menjaga kehamilan agar sehat dan aman sampai melahirkan. Perkembangan janin harus diusahakan optimal. Dalam perjalanan kehamilan, 

Beratkah tugas Bunda? Jangan khawatir, semua lelah akan terbayar ketika Bunda melihat janin lahir dengan selamat dan sehat. Sehat selalu hingga hari melahirkan tiba, Bunda.

Show More

Related Articles