Bisnis

Pentingnya Unsur Promosi dalam Bisnis UKM

UKM merupakan kependekan dari Usaha Kecil Menengah yang dirintis oleh pengusaha kecil. Dalam sebuah usaha tentu dibutuhkan marketing yang merupakan dasar dalam menjalankan suatu usaha. Marketing sendiri sering dilakukan untuk mengembangkan suatu usaha yang tengah dijalankan untuk meningkatkan usaha sekaligus pendapatan dalam usaha tersebut. Untuk usaha kecil menengah biasanya menghadapi beberapa permasalahan dalam bidang marketing. Pada dasarnya perencanaan pemasaran atau marketing pada usaha kecil menengah sangat penting untuk mengembangkan usaha. Dalam hal ini sangat diperlukan strategi untuk pemasaran. Permasalahan pokok yang sering dihadapi oleh usaha kecil menengah adalah dalam bidang modal, informasi, teknologi, dan pemasaran.

UKM
UKM

Dalam mengembangkan usaha kecil menengah atau UKM masalah permodalan merupakan masalah utama yang banyak dikeluhkan. Perolehan modal mereka terhalang oleh akses sumber pembiayaan dari bank yang terkendala oleh persyaratan teknis perbankan. Selain  masalah permodalan, usaha kecil menengah juga mengalami permasalahan lain yaitu akses pasar yang sangat rendah. Pada umumnya ada empat unsur yang dapat mempengaruhi keberhasilan dari perusahaan agar dapat berkompetisi dengan perusahaan lain yaitu produk, harga, tempat atau lokasi, dan promosi. Faktor –faktor tersebut sangat penting dalam meningkatkan pemasaran. Dari keempat unsur tersebut didominasi dengan unsur promosi yang mana promosi merupakan faktor yang mengindikasikan bahwa suatu produk dapat tersebar atau dikenal secara luas di pasaran.

Agar mendapatkan hasil yang bagus maak promosi harus dilakukan dengan profesional. Profesional disini diartikan sebagai promosi yang mempunyai nilai efektifitas dan efisiensi yang tinggi. Untuk menghadirkan promosi yang bernilai efektifitas dan efisiensi  produsen atau pemilik usaha harus menyediakan biaya yang bisa dibilang cukup besar. Adapun yang harus diperhatikan dalam merencanakan promosi adalah bentuk promosi, tempat promosi, barang yang akan dipromosikan, pesaing, peluang pasar, dan tingkat ketertarikan konsumen terhadap barang yang dipromosikan. Dengan memperhatikan perencanaan promosi maka pemasaran barang yang kita jual akan bisa dikenal dengan baik oleh masyarakat sehingga barang tersebut dapat terjual dengan baik. Untuk itu, promosi harus dilakukan dengan menarik sehingga banyak masyarakat yang tertarik untuk membeli produk kita. Bagi anda yang bingung masalah modal untuk usaha ukm, anda bisa meminjam modal di Danamon.

Show More

Related Articles