Bisnis

Makna Di Balik Cincin Kawin Yang Simple

Cincin nikah merupakan sebuah simbol yang dipakai untuk mengikat sepasang kekasih menuju bahtera rumah tangga. Pada umumnya, cincin adalah simbol pernikahan. Tanpa kita ketahui, dulu ternyata benda ini mempunyai kegunaan dan fungsi simbolik tersendiri, dan memiliki model cincin kawin simple.

Cincin nikah atau disebut juga cincin kawin memberikan simbolis pengikat yang wajib dimiliki oleh setiap pasangan suami dan istri, karena symbol yang mengikat satu dengan yang lainnya menjadi erat dan tidak terpisahkan, berbagai pilihan model cincin kawin simpel yang bisa di sesuaikan dengan selera anda dan pasangan, namun beberapa simbol cincin kawin di Negara tertentu memiliki makna yang berbeda.  Simbol cincin kawin di Asia, Ketika pertama kali mendengar kata ‘cincin’, apa yang ada di dalam pikiran Anda? Romantis? Orang Asia justru memandang cincin sebagai sesuatu yang jauh dari kata itu.

Dulu, benda ini digunakan sebagai materai untuk kontrak hukum. Bahan utama yang dipakai penduduk Asia untuk membuat cincin adalah emas. Mereka sangat menyukai emas terutama pada abad pertengahan. Emas murni yang digunakan sekitar 18 sampai 22 karat. Kadar karat ini dilambangkan sebagai ke harmonis an. Namun seiring berjalannya waktu, produksi cincin mengalami perkembangan. Batu mulia banyak diminati mulai sekitar tahun 1940 an untuk hiasan cincin.

Mesir, Negara Mesir, salah satu negara berbudaya dan memiliki sejarah legendaris sampai sekarang. Dulu, bangsa Mesir menjadikan kulit binatang, rami, gading, dan tulang sebagai bahan pembuat cincin. Setelah itu, mereka mulai mengenal logam dari uang. Dari situ, mereka berinisiatif membuat cincin dari logam. Tradisi di sana mengatakan bahwa jika seorang wanita diberikan cincin nikah oleh suaminya, dia berhak mengklaim harta suaminya.

Romawi, Dari pada bangsa Asia, orang Romawi lebih berjiwa romantis. Cincin di simbol kan sebagai pembuka hati. Oleh karena itu, ada lambang kunci di cincinnya. Sebagai bangsa yang mempunyai romansa besar, Romawi menganggap spesial keberadaan benda pengikat jari manis ini. Bahkan bangsa Romawi memiliki budaya kental dan tokoh mitos yang me legenda. Tradisi mereka mulai menyebar ke daerah lain dan membuat kebudayaannya terkenal seantero negeri, dan menjadi inspirasi untuk berbagai model cincin kawin simple dan elegan.

Itulah kegunaan dan fungsi simbolik tersendiri dari cincin kawin atau nikah. Cincin merupakan sebuah simbol. Setiap negara bisa jadi mempunyai perbedaan dalam maknanya. Tetapi, yang terpenting adalah anugerah dibalik perbedaan itu dan bagaimana kita menghargainya. Bagaimanapun, cincin nikah akan membawa suatu ikatan takdir bagi sepasang kekasih di masa depan.

Show More

Related Articles

Check Also

Close