BisnisTips

Resep Kue Tradisional Indonesia Talam Hijau Pandan

Resep Kue Tradisional Indonesia Talam Hijau Pandan

Resep Kue Tradisional  – Berbicara kue tradisional Indonesia pastinya akan banyak jenisnya yang bisa ditampilkan, disetiap daerah di Indonesia mempunyai kue tradisional yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Untuk berbagai jenis kue nya salah satunya yaitu dengan membuat kue talam hijau pandan gula merah. Kue dengan ciri khas mempunyai dua lapisan atas dan bawah ini mempunyai warna gula merah pada atasnya dan bagian bawah berwarna hijau.

 

Rasa dari kue tradisional Indonesia ini mempunyai paduan yang khas sehingga mempunyai rasa yang enak dan legit. Kuncinya dalam pembuatan nya selain memperhatikan akan gula merah nya, menggunakan gula putih yang berkualitas juga sangat penting diperhatikan seperti dengan gula putih Gulaku. Untuk anda yang penasaran berikut ini cara membuatnya.

Resep Kue Tradisional
Resep Kue Tradisional

Bahan-bahan yang diperlukan:

– Tepung beras 175 gram

– Teoung sagu/maizena 25 gram

– Santan encer 250 ml

– Gula pasir Gulaku 100 gram

– Air mendidih secukupnya

– Garam secukupnya

– Air daun suji 2 sdm

– Pewarna makanan hijau ¼ sdt

– Bahan kedua yang diperlukan :

– Tepung beras yang telah diseduh 75 gram

– Tepung sagu/beras 50 gram

– Gula pasir Gulaku 75 gram

– Gula merah 75 gram

– Santan kental 500 ml

– Vanili bubuk secukupnya

Untuk membuatnya dari bahan-bahan pertama seperti tepung beras di seduh dengan air mendidih, lalu ambil tepung beras dari adonan ke dua. Campurkan tepung sagu, gula, santan, dan garam, kemudian aduk sampai rata dan saring.

 

Setelah itu tambahkan pula air daun suji dan pewarna makanan hijau secukupnya lalu diaduk sampai rata. Adonan yang telah selesai lalu dicetak dalam mangkuk yang sebelumnya telah dipanaskan, lalu kukus kurang lebih selama 15 menit sampai adonan padat.

 

Selanjutnya pada adonan yang kedua campur tepung beras yang telah di seduh dengan tepung sagu, gula pasir, gula merah, santan, dan vanili. Aduk sampai semua bahan tercampur rata. Untuk yang terakhir setelah adonan 1 matang lalu masukan adonan dua diatas nya dan kukus selama 10 menit sampai matang.

Show More

Related Articles