Lifestyle

Tips Mendaki Ke Gunung Agung Bali

Bukan hanya Pantai Kuta ataupun air terjun yang menjadi daya tarik wisata di Pulau Bali melainkan ada banyak jenis objek wisata lainnya yang tentu saja bisa kita kunjungi, salah satunya yaitu gunung. Sangat cocok bagi kita yang menyukai aktivitas mendaki gunung.

Di pulau Bali terdapat dua gunung yang sangat terkenal, diantaranya yaitu Gunung Batur dan Gunung Agung. Namun pada artikel kali ini akan dibahas tentang Gunung Agung yang merupakan gunung tertinggi yang ada di Pulau Bali. Jika kita baru saja menginjakkan kaki di Bali tentu bisa menggunakan Bali Indonesia map untuk lebih mempermudah pencarian lokasi Gunung Agung.

bali indonesia map

Gunung Agung ini memiliki ketinggian 3.142 meter diatas permukaan laut yang hampir sama tingginya dengan gunung Merbabu yang ada di Jawa Tengah dan menjadi salah satu pilihan favorit bagi pendaki yang sedang melakukan liburan di Bali. Selain keindahannya, masyarakat Hindu yang ada di Bali percaya bahwa Gunung Agung ini adalah tempat para dewa selain di Rinjani dan juga Semeru.

Jika kita ingin mendaki, aada beberapa pilihan start yang tentu saja bisa kita pilih yaitu pura Pasar Agung, budakeling dan juga Pura Besakih. Biasanya para pendaki memilih melalui jalur pura besakih dikarenakan dapat mengantarkan kita sampai puncak tertinggi, sedangkan jika kita melalui jalur pura Pasar Agung maka kita tidak akan bisa diantar sampai ke puncak tertinggi.

Untuk dapat mendaki, kita diwajibkan menggunakan guide karena dulu banyak terjadi kasus pendaki yang hilang. Jadi sangat disarankan untuk dapat menggunakan jasa pemandu untuk keselamatan diri kita. Gunung Agung sendiri adalah gunung yang sangat disucikan oleh masyarakat Hindu yang ada di Bali. Mereka mempercayai bahwa di sinilah tempat bersemayamnya dewa-dewa. Masyarakat juga percaya jika di Gunung Agung terdapat istana Dewata.

Alasan mendaki gunung dengan menggunakan guide karena jika terjadi sesuatu yaitu meninggal pada pendaki maka harus diadakan upacara pensucian gunung dimana upacara Ini memakan banyak sekali biaya hingga ratusan juta. Oleh karena itu warga setempat akan selalu menemani pendaki sampai puncak agar tidak terjadi sesuatu.

Perlu kita ketahui bahwa tidak sepanjang tahun kita bisa mendaki Gunung Agung ini, saat ada upacara di Pura Besakih dan juga Pura Agung maka jalur pendakian Gunung akan ditutup karena Pura Besakih merupakan pura tertinggi yang ada di Bali dan juga masyarakat Bali sangat mempercayai jika tidak ada yang boleh lebih tinggi dari pada Pura Besakih.

Di pertengahan Jalan Gunung Agung kita bisa menemukan sumber mata air, namun mata air tersebut disucikan oleh masyarakat Bali. Jika kita ingin mengambilnya maka kita harus sembahyang terlebih dahulu di mata air tersebut. Jika kita tidak bisa sembahyang tentu saja kita tidak perlu khawatir, karena inilah keuntungan menggunakan jasa guide.

Jadi bukan kita yang sembahyang namun guide tersebut yang akan sembahyang untuk dapat mengambilkan air. Namun disarankan untuk kita membawa masing-masing 1,5 liter per orang karena sumber mata air yang ada di sana sangat minim sekali. Dengan adanya Bali Indonesia map kita akan lebih mudah untuk mencari tempat-tempat wisata yang ada di Bali termasuk Gunung Agung yang memang banyak disukai bagi para pendaki.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *