KesehatanTips

Tahap Perkembangan Bayi dari Usia 3 Sampai 24 bulan

Memiliki bayi menjadi cita – cita setiap pasangan suami istri karena bayi ini akan menjadi warna dalam keluarga kecilnya. Bayi yang baru lahir masih belum memiliki kekuatan apapun dalam meminta sesuatu terhadap orang tua hanya menangis saja ketika meminta sesuatu. Tahap perkembangan anak pada bayi tentu berbeda ketika susah mulai menginjak balita namun tetap sebagai orang tua harus mengetahui tahapan tersebut.

Bayi dari lahir hingga usia 2 bulan masih terbatas gerakan yang bisa dilakukan namun kemampuan kognitif anak dan sosialnya itu sedang berkembang bahkan lebih cepat dari yang kita duga. Susu menjadi makanan yang tidak boleh terlupakan salah satunya dancow yang akan memberikan anak menjadi lebih cepat pertumbuhannya dan perkembangannya. Berikut tahap perkembangan anak pada bayi usia 3 bulan sampai 24 bulan diantaranya :

Pertama usia bayi 3 – 4 bulan anak belajar untuk tengkurap. Tengkurap terjadi karena awalnya anak belajar berguling – guling dan sebagai orang tua coba membantu anak sehingga bisa tengkurap tanpa harus langsung. bayi lancar tengkurap ketika sudah berusia 5 bulan.

Kedua usia 4 – 6 bulan anak belajar untuk mengangkat kepala, mengeluarkan mimik gembira dan mencoba mengangkat sebuah benda dengan kedua tangannya.

Ketiga usia 7 – 8 bulan anak belajar duduk sendiri yang sebelumnya sudah bisa tengkurap. Biarkan anak mencoba sendiri tanpa harus dibantu oleh orang tuanya tugas dari orang tua hanya mengawasi anak supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Keempat usia 8 -9 bulan mulai merangkak sedikit demi sedikit. Dan itu haru dipantau dan dijauhi dari barang – barang yang bisa membahayakan anak atau bayi.

Kelima usia 11 – 12 bulan anak belajar untuk berjalan dan gerakan awal harus diawali dari anak agar mandiri. Orang tua bisa membantu anak untuk berjalan – jalan dengan memegang kedua tangannya dan biarakan anak untuk melangkahkan kakinya sedikit demi sedikit agar otot – otot akan semakin kuat.

Keenam usia 18 – 24 bulan anak belajar untuk mulai berbicara. Untuk tahap ini yang sangat berperan adalah orang tuanya karena semakin orang tua sering mengajak anak ngobrol untuk akan membantu memperlancar anak bisa berbicara.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close